Sabtu, 18 Januari 2014

Oleh: Riza Ainul/Burhanuddin

Jeddah PENANEWS - Sabtu, 15 November 2013 lalu, Divisi Keilmuan PPMI Jeddah menggelar seminar bertajuk “Workshop Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi Internasional”.  Seminar dilaksanakan di kampus King Abdullah University of Science and Technology (KAUST), Thuwal. Hadir sebagai pembicara Dr. Anton Satria, Associate Professor dari King Abdulaziz University (KAU). Selain para mahasiswa dari Jeddah dan Thuwal, nampak hadir pula dalam acara ini perwakilan dari PPMI Pusat Arab Saudi yang diwakili ketua Dewan Syuro dan sekretaris. Seminar juga disiarkan secara langsung melaluivideo streaming sehingga dapat disaksikan oleh rekan-rekan PPMI di tempat lain.

Acara dibuka oleh Presiden PPMI Jeddah, Rinaldi Rahman yang menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas apresiasi dan peran aktif semua pihak atas berlangsungnya acara seminar. Rinaldi berharap agar semua pihak dapat menjalin tautan dan saling bersinergi untuk mewujudkan iklim ilmiah, berkompetisi secara sehat di dunia akademik internasional, dan memiliki sifat dan tingkah laku yang berakhlaqul karimah.
Seminar dibagi menjadi tiga sesi utama. Sesi pertama yang bertema “Exploring the World of Scientific Publication in International Level memberikan pengenalan kepada para peserta tentang pentingnya publikasi dan seluk-beluk jurnal ilmiah internasional. Sesi disampaikan langsung oleh Dr. Anton Satria dengan gayanya yang khas sehingga suasana seminar menjadi lebih menyenangkan dan menggugah semangat peserta.

Sesi kedua beralih membahas topik “Publication Plan Workshop“. Dalam sesi ini, Dr. Anton membahas bahwa pada dasarnya seorang peneliti atau mahasiswa mempunyai banyak alasan untuk tidak menulis, seperti tidak punya waktu, tidak percaya diri, dan tidak senang dengan dunia publikasi. Dr. Anton bercerita banyak mengenai pengalaman beliau tentang bagaimana survive di dunia akademik dan bagaimana mengatasi hal-hal yang menghambat dalam menulis. Selain itu, tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam proses publikasi internasional juga dipaparkan. Sesi kedua diakhiri dengan simpulan bahwa menulis adalah sebuah skill sehingga diperlukan waktu dan latihan untuk mencapai level yang diinginkan, serta dibutuhkan proses, usaha dan strategi yang tepat.

Selepas istirahat, acara dilanjutkan dengan sesi terakhir yang membahas tentang “Guidelines for Scientific Paper Writing“. Hal-hal yang dipelajari dalam sesi ini di antaranya mengenai struktur penulisan karya ilmiah dan teknik-teknik penulisan yang baik dan benar. Pengetahuan mengenai teknik penulisan ini sangatlah penting, terutama bagi penulis pemula, dan merupakan modal dasar bagi kesuksesan setiap mahasiswa. Sesi ketiga ini kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab dan sharing pengalaman dari beberapa peserta.

Sorenya, seminar ditutup oleh Wandi Wahyudi selaku ketua panitia dengan memberikan kesimpulan akan pentingnya menulis karena memiliki keterkaitan yang erat dengan peradaban manusia. Peradaban masa lalu dan masa kini akan tetap dikenang di masa yang akan datang apabila terekam dalam tulisan. Begitupun dalam dunia akademik, menulis karya ilmiah adalah sesuatu yang esensial mengingat karya ilmiah merupakan manifestasi dari penelitian. Dengan adanya acara ini, diharapkan teman-teman mahasiswa khususnya dapat terstimulasi untuk dapat mengembangkan potensinya dalam bidang penulisan karya ilmiah.
*Tulisan ini dimuat di Majalah Pendidikan PENA edisi 28 (Oktober-Desember 2013)
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar